Perubahan Regristrasi Seleksi Kemampuan Seorang Imigran Australia (Skill Select)

Pada Tanggal 1 Juli 2012 Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan atau Department of Immigration and Citizenship (DIAC) Australia telah memperkenalkan perubahan cara penyeleksian kemampuan seorang imigran (atau dikenal sebagai penyeleksian kemampuan). Hal ini tidak mungkin lagi untuk dapat mendaftar secara langsung untuk beberapa jenis visa, dimana terjadi perubahan model pengajuan aplikasi visa dari model sebelumnya. Perubahan tersebut membawa dampak terjadi perubahan penerapan dalam proses teknik penilaian baru, dengan menggunakan informasi yang diberikan oleh pekerja sesuai minatnya atau Expression of Interest.


Pertama dengan tujuan untuk memahami cara kerja penyeleksian kemampuan baru, agen harus memahami apa yang disebut dengan dasar-dasar Expression of Interest (EOI). Kuncinya terdapat dalam proses penyeleksian dalam Expression of Interest (EOI). EOI adalah kumpulan informasi pemohon yang terdiri dari data pribadi, pekerjaan, pengalaman kerja, kualifikasi lainnya dan kemampuan dalam berbahasa inggris. Hal ini berbeda dengan permohonan visa, EOI ini dirancang sebagai bentuk informasi yang diperlukan oleh pekerja untuk mengetahui seberapa sesuai kemampuan pekerja tersebut.


Terdapat 2 (dua) jenis informasi yang harus dipersiapkan sebelum seorang pekerja masuk dalam EOI. Pertama adalah kemampuan dalam berbahasa inggris, ini akan menunjukkan apakah pekerja tersebut dapat bekerja dengan baik di Australia, salah satu caranya dengan menggunakan tes IELTS. Tes ini bisa dilakukan dimana saja  dan memiliki 2 (dua) tingkat kemahiran yaitu: akademik dan umum. Profesi yang berbeda  memerlukan tingkat kemampuan yang berbeda pula. Kedua adalah penilaian keterampilan, penilaian ini pada dasarnya untuk memastikan kualifikasi dan pengalaman kerja seseorang yang diperlukan oleh pekerjaan tertentu. Untuk mengetahuinya diperlukan pengecekan daftar keterampilanatau the Skills Occupation List (SOL). Pekerja dapat melihat kualifikasi semua pekerjaan, karena mereka dinilai dari kemampuan keterampilan dan kualifikasi yang berbeda.


Dikarenakan format EOI pekerja kemungkinan terikat untuk LIE  (List of Interest Expression) yang berisi kualifikasi, pengalaman kerja, dan data pribadi. Namun meskipun terlihat sebagai  ide yang baik pada awalnya, hal ini justru menyebabkan dampak yang sebaliknya jika dilakukan. Jika EOI dinilai baik dan dapat dikirim, pekerja harus mengirim bukti untuk semua klaim yang telah dibuat oleh EOI.


Daftar seleksi kemampuan seorang imigran (atau yang biasa dikenal sebagai seleksi kemampuan) adalah sistim elektronikyang menawarkan aplikasi penilaian calon pekerja secara objektif dan efesien. Tujuan dari sistim ini adalah untuk memperkenalkan sebuah data base tunggal dari EOI calon pekerja sehingga pemerintah, negara, maupun perusahaan dapat dengan mudah merekrut seorang karyawan. Prosedur penyeleksian kemampuan pada akhirnya untuk memastikan bahwa jumlah aplikasi visa imigran sama dengan jumlah lapangan pekerjaan yang tersedia untuk setiap pekerjaan tertentu.


Proses penyeleksian kemampuan dibagi menjadi 2 (dua) tahap utama


Tahap pertama semua calon pelamar mengisi dan mengirimkan EOI mereka dengan semua informasi yang telah disebutkan di atas melalui formulir secara online kepada Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan (DIAC). Para pemohon akan diminta untuk menunjukkan kategori kemampuan mereka sebelum dimasukkan dalam database. Pemerintah wilayah dan calon pekerja dapat mengakses informasi tentang kemampuan pekerja sesuai dengan kualifikasi yang ada.


Tahap kedua dimulai dengan penilaian kejujuran yang akan memberikan skor pada seseorang untuk semua aplikasi dalam database berdasarkan pada informasi yang ada. Nilai dari seseorang kemudian akan diperingkat sesuai dengan pekerjaan masing-masing. Kemudian berdasarkan peringkat nilai dan ketersediaan lowongan pada beberapa pekerjaan, sistem akan mengirimkan undangan pada pelamar yang mempunyai kemampuan terbaik. Undangan ini akan memungkinkan pemohon untuk mengajukan visa. Yang benar-benar penting bagi pekerja adalah setelah menerima undangan maksimal dalam waktu 60 (enam puluh) hari harus dijalankan. Apabila setelah 2 (dua) bulan undangan tersebut tidak ditanggapi akan dianggap batal secara hukum. Namun EOI masih tetap ada dalam sistem selama 2 (dua) tahun setelah tanggal pengajuan dan pemohon dapat mengajukannya kembali tahun  berikutnya.


Setelah undangan telah dikirim akan ada pemohon yang belum menerima undangan dari sponsor atau agen. Hal ini karena ketersediaan lowongan kerja dan pelamar pekerjaan di Australia tidak seimbang. Namun bukan berarti yang tidak menerima undangan tidak berkesempatan, bisa jadi pada kesempatan berikutnya pelamar mendapatkan undangan untuk visa yang disponsori oleh agen dan keluarga, DIAC akan mempublikasikan di situs web mereka yang memiliki nilai terendah EOI sehingga para pelamar dapat meningkatkan kemampuannya agar dapat memenuhi syarat untuk kualifikasi pada periode berikutnya.


Bila Anda telah membaca uraian ini kemudian muncul pertanyaan “Mengapa terjadi perubahan seperti itu? Alasannya adalah perubahan daftar seleksi kemampuan, yang mana Pemerintah Australia membutuhkan sistem tunggal yang obyektif untuk kualifikasi para pelamar pekerjaan. Hal ini membawa manfaat positif yaitu memberikan visa kepada orang yang mempunyai kemampuan dan tingkat ekonomi yang cukup. Tidak hanya bermanfaat untuk Pemerintah Australia saja tetapi juga untuk pekerja dapat meningkatkan kemampuan sehingga dapat memenuhi kualifikasi.


Ada kondisi pada sistem penyeleksian migrasi seperti pemohon yang tidak memenuhi kualifikasi untuk mendapatkan visa. Jika mereka telah menemukan sponsor yang benar maka akan mengirimkan EOI, ini berarti pekerja akan mengajukan permohonan visa jenis subkelas 457 dan sponsor tidak diminta untuk menyerahkan EOI.


Kesimpulannya meskipun aplikasi visa mungkin benar untuk kedepannya  dan mudah untuk ditangani tapi kadang berada pada kondisi yang sebaliknya. Ada di beberapa wilayah terdapat orang-orang yang profesional yang dapat membimbing pelamar untuk mendapatkan perbaikan skor EOI untuk mengatasi permasalahan dalam prosedur pengajuan migrasi.


Synch1 merupakan salah satu agen MARA yang terdaftar dengan nomer agen 0210295. Synch1 merupakan konsultan profesional dengan pengalaman lebih dari 10 tahun dalam bidang Keimigrasian Australia. Tim kami mewakili pelamar dari berbagai pelosok dunia yang ingin bekerja di Australia atau bahkan tinggal dan menetap di Australia